*Simulasi Jaringan Mudah**Cisco Packet Tracer**Materi KK4 TKJ (LAN)*Hai Sobat, ini postingan pertama gue di blog ini, dan diyakini bahwa ini adalah 100% karya tulis sendiri. Dipersilahkan jika ada yang ingin menambah refrensi pelajaran untuk sekolah. langsung aja ya.
Oiya gan, Jangan Copy Paste untuk tugas lu lu pada ya, kalo mau copy untuk postingan di blog sobat, jangan lupa cantumkan sumber yaitu http://azharifauzann.blogspot.com
Note: watermark dibawah salah ketik, seharusnya azharifauzann.blogspot.com alias N-nya ada dua.
LAPORAN PRAKTEK KK4
JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SMK 3 Perguruan
“CIKINI”
Nama : M. Azhari Fauzan
|
Simulasi
jaringan menggunakan Software Cisco Packet Tracer
|
Pembimbing : Tori
Fahrina, S.Kom
|
Kelas : X KJ - C
|
No. Jobsheet : 24
|
|
Hari/Tanggal
: Kamis, 31-01-2013
|
Nilai/Paraf :
|
I. PENDAHULUAN (DASAR
TEORI)
: Sejarah jaringan
komputer.
Konsep jaringan komputer lahir pada
tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di
laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin oleh
profesor H. Aiken.
: Jenis – jenis jaringan
komputer.
1. Local Area Network
( LAN )
Merupakan jaringan
milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa
kilometer ( 5 – 10 km ). LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer
– komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik –
pabrik untuk memakai bersama sumber daya ( misalnya printer ) dan saling
bertukar informasi.
2. Metropolitan Area
Network ( MAN )
Merupakan versi LAN
yang berukuran lebih besar dan biasanya tekhnologi yang sama dengan LAN. MAN
dapat mencakup kantor – kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau
juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan
untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara,
bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. Jarak tempuh MAN 10 –
50 km.
3. Wide Area Network ( WAN )
Jangkauannya mencakup
daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN
terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan
program-program (aplikasi) pemakai.
4. Internet
Sebenarnya terdapat
banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan
perangkat lunak yang berbeda-beda.
5. Wireless
Jaringan tanpa kebel
merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan
jaringan yang menggunakan kabel.
6. Intranet
Jaringan terbatas yang
ada pada suatu wilayah tertentu.
: Topologi Jaringan
Topologi dibagi menjadi
2, yaitu :
1. Topologi Logika
Topologi logika pada
umumnya terbagi menjadi 2 tipe, yaitu :
a. Topologi Broadcast
Secara sederhana dapat
digambarkan yaitu host yang mengirimkan data kepada seluruh host lain pada
media jaringan.
b. Topologi Token Passing
Mengatur pengiriman
data pada host melalui media dengan menggunakan token yang secara teratur
berputar pada seluruh host. Host hanya dapat mengirimkan data hanya jika host
tersebut memiliki token. Dengan token ini, collision
dapat dicegah.
2. Topologi Fisik
Topologi fisik terbagi
menjadi 6 tipe, yaitu :
1) Topologi point – to point
2) Topologi Star ( bintang )
3) Topologi Ring ( cincin )
4) Topologi Tree ( pohon )
5) Topologi Bus
6) Topologi Mesh
II. TUJUAN
Tujuan Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan guru /
pembimbing sebuah tool untuk pembelajaran prinsip jaringan dan sekaligus untuk membangun
skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.
III. ALAT DAN BAHAN
·
PC
·
Cisco Packet Tracer
IV. LANGKAH KERJA
Langkah 1
Buka
Software Cisco Packet Tracer.
Lalu akan muncul jendela seperti yang di atas ini.
Langkah 2
Simulasi yang akan kita buat saat ini menggunakan 5 PC
dan 1 buah HUB.
Untuk menambahkan PC lihat gambar
di bawah ini :
Lalu tambahkan PC sebanyak 5 buah :
Langkah 3
Jika sudah, tambahkan 1 buah HUB :
Langkah 4
Setelah
HUB telah di tambhakan kita butuh kabel untuk menghubungkannya, jika perangkat
yang digunakan sama jenis
maka kabel yang digunakan adalah kabel Cross Over. Tapi jika
perangkat yang digunakan berbeda
maka kabel yang digunakan adalah kabel Straight Over. Prangkat yang
kita gunakan sekarang ini berbeda,
jadi kita akan hubungkan dengan kabel Straight Over.
Klik logo yang ber-logo petir /
connections lalu pilih kabel Straight Over :
Perhatikan
jika ada kabel yang berwarna MERAH maka kabel tersebut salah atau tidak cocok. Tapi jika kabel berwarna HIJAU kabel tersebut sudah benar dan cocok.
Hapus kabel yang
berwarna merah dengan icon Delete, lalu ulangi atau ganti kabel hingga kabel benar :
Langkah 5
Jika warna kabel sudah
benar, Ganti nama PC dengan meng-Klik 1 kali pada gambar PC » Config :
Langkah 6
Setelah nama PC diganti sekarang tinggal menyetting IP Address. Klik pada
PC » Dekstop :
Masukan IP Address, IP
Adress yang kita gunakan kali ini kelas B ( 128 – 191 ), contoh : 130.26.1.13 »
Subnet Mask akan terisi secara Otomatis :
Lakukan sampai PC
terakhir, Ganti 2 angka dari belakang karena kelas B : N N H H.
V. HASIL
KERJA
UJI KONEKTIFITAS:
Setelah tiap – tiap PC
telah di beri IP Address maka langkah selanjutanya adalah Menge-Test jaringan
dengan cara meng-Klik PC » Dekstop »
Command Prompt
Ketik Ping<SPASI> IP Address
yang akan kita PING . Contoh : Ping 130.26.2.14 : 

Proses Ping yang GAGAL
bisa di akibatkan karena salah pengetikan pada IP Address atau sebab – sebab
lain. Lakukan sampai proses PING berhasil.
VI. KESIMPULAN
·
Software Packet Tracer
sangat membantu dalam mempelajari suatu jaringan karena proses pembelajaran
atau percobaan pembuatan jaringan yang dapat dilakukan dalam software ini tanpa
harus membeli peralatan jaringan yang mahal.
·
Dengan memanfaatkan
Software Packet Tracer ini, dapat dilkakukan simulasi jaringan sebagaimana pada
praktek yang sesungguhnya.
Bagus sekali !
BalasHapusartikelnya bermanfaat sekali kang :)
bisa menjadi referensi untuk saya.
Mohon kunjungan balik ya Klik Disini
TeknikKu-pedia | TeknikKu-pedia
=== TeknikKu-pedia | Cirebon-pedia ===
Cirebon-pedia
https://cirebon-pedia.blogspot.co.id/
https://teknikku-pedia.blogspot.co.id/
=============================================
Kelebihan Routing RIP, OSPF, EIGRP dan BGP | Menentukan IP Address VLSM
Konfigurasi Jaringan MAN | Konfigurasi Jaringan WAN | Mengurutkan bilangan menggunakan Array di Java
=============================================
https://cirebon-pedia.blogspot.co.id/
https://teknikku-pedia.blogspot.co.id/
https://cirebon-pedia.blogspot.co.id/
https://teknikku-pedia.blogspot.co.id/